Saturday, December 11, 2010

SABAR ITU INDAH


Allah SwT berfirman, “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang sabar” ( Ali Imran ayat 146)


Jika seseorang ingin mengambil buah dari sebatang pohon, namun ia menyadari bahwa buahnya itu belum masak, maka ia akan menahan nafsunya hingga buah itu masak.

Istilah Arab untuk kesabaran adalah shabr,.

Kesabaran tidak semata-mata berserah terhadap segala keadaan yang menimpanya;

hanya orang bodoh saja yang berbuat seperti ini.

Kesabaran harus datang dengan pengetahuan tentang penyebab dari suatu situasi itu, dan langkah-langkah apa yang harus diambil untuk menghadapi akibat negatif dari situasi tersebut. Ini akan menghasilkan keadilan dan keseimbangan

Hidup dengan kesabaran, dijaga oleh kesabaran, serta mampu merasakan kebahagiaan yang datang dari kesabaran seperti yang diungkapkan di atas, hanya dapat dicapai oleh orang mukmin.

Sabar dan solat menghubungkan seseorang dengan kasih sayang tak berbatas yang membuat kaum mukmin menjadi lebih menyedari bahwa Allah memang bersama orang-orang yang sabar.

Ini artinya, kaum mukmin mengikuti firman Allah, waspada benar-benar, serta di saat yang sama, mampu melakukan tindakan yang tepat ketika diperlukan.


Imam Shadiq berkata, “Setiap Mukmin yang bersabar menanggung penderitaan, mendapatkan pahala seribu syuhada.”

Amirul Mukminin diriwayatkan telah mengatakan, “Seorang Muslim menjadi sempurna melalui tiga kebaikan : berjuang demi iman dan agama, sederhana dalam gaya hidup, dan sabar dalam kesulitan.”

Diriwayatkan dari Amirul Mukminin, “Hai manusia, bersabarlah menanggung derita. Sesungguhnya orang yang tidak mempunyai kesabaran, maka dia juga tidak mempunyai agama.”

Kesabaran para Nabi dan Rasul menghadapi para penentangnya adalah bukti baginda seorang yang sabar

No comments:

Post a Comment